Ponpes Al Hidayah Termas Turut Menjadi Tempat Pelaksanaan Serbuan Vaksinasi Covid-19

Gencarnya pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ke pondok pesantren (PONPES) di kabupaten Nganjuk yang bekerjasama dengan Kodim 0810/Nganjuk, Pondok Pesantren Al Hidayah Termas turut andil menjadi tempat vaksinasi Covid-19 (08/09/2021).

Pengasuh Pondok Pesantren Putri Al Hidayah Termas dan juga termasuk sebagai kepala MAPK Al Hidayah Termas, Ibu Nyai Hj. S. Wahibah, M.Pd.I menjelaskan, ada 1.500 dosis vaksin yang diajukan ke kodim untuk dibagikan.

“Sasaran vaksinasi ini untuk para santri dan warga Nahdliyin wilayah MWC NU Baron, sehingga kita (Pengurus Pondok dan Pengurus MWC NU Baron:Red) mengajukan ke Kodim 0810/Nganjuk sebanyak 1.500 lebih vaksin” ujar Wahibah.

Karena jumlahnya cukup banyak, jelas pelaksanaannya akan dibagi menjadi dua hari. Hal ini guna mencegah terjadinya kerumunan dan membludak ketika pelaksanaan.

“dari 1.500 vaksin akan dibagi menjadi dua hari, dengan rincian untuk hari ini jumlahnya 600 orang dari siswa MTsN 4 Nganjuk kelas 9, seluruh siswa MA Al Hidayah kelas 10, 11 dan 12, serta warga lingkungan dan untuk hari kedua akan dilaksanakan hari sabtu dengan total vaksin sebanyak 1.000 vaksin lebih dangan sasaran siswa MTsN 4 Nganjuk kelas 7 dan 8, MWC NU Baron dan warga lingkungan sekitar” ungkap Wahibah.

Sementra itu Bapak M. Samsul Hadi selaku anggota Kodim 0810/Nganjuk mengimbuhkan, jenis vaksin Sinovac yang akan dibagikan ke santri atau pelajar ini sekitar 1.600-1.700 vaksin.

“Terima kasih banyak sudah difasilitasi. Nantinya semua akan di vaksin, hanya saja vaksinasi kali ini diperuntukkan untuk santri dan pelajar usia 12-18 tahun. Jenis vaksin Sinovac dengan jumlah 1.600-1.700 vaksin”. imbuhnya.

 

Pada pelaksanaannya, selain dari tim dinas kesehatan dan tiga pilar pemerintah daerah juga terdapat Tim relawan yang dikerahkan untuk menyukseskan kegitan vaksinasi yakni sejumlah anggota relawan dari Senopati, LPBI NU, Anshor, dan Yayasan Al Hidayah.

“Karena vaksinasi ini tidak bisa berdiri sendiri, oleh karena itu vaksinasi kali ini terkait dengan Dinas Kesehatan, tiga pilar Pemerintah Daerah yakni TNI, POLRI, dan Pemerintah Daerah. Ada juga dari Relawan Senopati, LPBI NU, Anshor, dan Yayasan Al Hidayah” tutur Samsul Hadi

Berdasarkan pantuan redaksi kegiatan ini berjalan dengan lancar, seperti yang diungkap oleh Samsul Hadi. “vaksinasi hari ini berjalan lancar, dari Kyai dan guru merespon baik. Kami mengatasnamakan Pemerintah Daerah Kabupaten Nganjuk mengucapkan terima kasih atas fasilitasinya, sehingga vaksinasi berjalan lancar” ungkapnya.

Sementara itu Wahibah menuturkan hasil evaluasi dengan anggota Kodim, banyaknya permintaan vaksin dari luar, karenanya jumlah vaksin untuk hari sabtu akan ditambah menjadi 1.000 lebih vaksin dengan memperbaiki formasi pelaksanaan kegiatan yang dianggap kurang tepat pada hari ini.

“karena banyak rekomendasi dari luar untuk mengikuti vaksinasi, maka untuk hari sabtu jumlah vaksin ditambah sehingga ada 1.000 vaksin lebih yang akan diberikan untuk siswa MTsN 4 Nganjuk kelas 7 dan 8, MWC NU Baron, serta masyarakat sekitar” tuturnya.

“nantinya juga ada perubahan formasi tempat, karena ada beberapa yang dianggap kurang tepat. Vaksinasi hari Sabtu akan dihadiri oleh Plt Bupati Nganjuk, Bapak Marhaen Djumadi, Kodim 0810/Nganjuk, FORKOPIMDA Kabupaten Nganjuk, Kejaksaan dan Instansi lain” imbuhnya.

 

Kontributor: (Iqlima, Rahma)

Editor: Zury

Admin MAHIDA
Admin MAHIDA
Articles: 35

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *