LDKS : Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (OSIS MA AL Hidayah Masa Bakti 2021-2022)

Dalam rangka memaksimalkan pengurus OSIS yang berkualitas perlu adanya pelatihan kusus yang berhubungan dengan kepemimpinan serta keorganisasian, karenanya untuk mewujudkan pengurus OSIS yang berkualiatas perlu dilaksanakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS).

Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) adalah sebuah kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh MA Al Hidayah yang bertujuan untuk mendidik dan melatih pengurus OSIS dalam menjalankan dan menahkodai kegiatan-kegiatan diluar pembelajaran.

Diungkap oleh Zamzuri selaku penanggungjawab LDKS, Pasca pemilihan OSIS melalui pencobolosan dan pembentukan pengurus OSIS oleh Tim Formatur, siswa yang terpilih sebagai pengurus OSIS diwajibkan mengikuti LDKS selama dua hari yang dilaksanakan pada 07 s/d 08 Oktober 2021 bertempat di Koramil Baron.

“pasca perhelatan reformasi pengurus OSIS masa bhakti 2021/2022, sesegara mungkin dilaksanakan Latihan kepemimpinan” ungkap zam.

“seperti pada tahun-tahun sebelumnya, siswa yang terpilih sebagai pengurus OSIS diwajibkan untuk mengikuti kegiatan LDKS, pada bulan lalu pembina OSIS sudah merencanakan pelaksanaan LDKS akan bertempat di Koramil Baron, dan itu sudah disetujui oleh kepala Madrasah” imbuhnya.

Gelaran pendidikan dan latihan ini mengusung tema “Mewujudkan pemimpin yang aktif, kreatif dan berdaya guna menciptakan madrasah bersinar”. Zamzuri mengungkap alasan pemilihan tema “Pengurus OSIS masa bakti 2021/202 diharapkan mampu menjadi pemimpin yang aktif (percaya diri), Kreatif (melek literasi, mampu manfaatankan teknologi dengan bijak, mewujudkan kegiatan-kegiatan laur sekolah yangg menarik dan kekinian), Berdaya guna (pilot project dalam pelaksanaan grand plan madrasah), Bersinar singkatan dari bebas narkoba (pioner pencegahan narkoba), istilah  bersinar juga dapat diartikan sebagai madrasah yg unggul, hebat, prestasi” ungkapnya.

Sementara itu Rahmatun Nisa’ selaku ketua pelaksana menjelaskan detail kegitan LDKS yang dilaksanakan selama dua hari.

“perhelatan pendidikan dan latihan ini peserta akan digembleng selama dua hari, dengan materi yang berorintasi pada pembentukan karakter pemimpin yang aktif, percaya diri, memiliki kemampuan public speaking, kemampuan manajemen organisasi yang baik, serta mampu meningkatkan solidaritas antar anggota pengurus sehingga mampu menjadi pribadi yang berdaya guna untuk Madrasah” jelasnya.

“pada kegiatan ini melibatkan beberapa instansi seperti BNN Nganjuk guna memberikan pemahaman tentang peran pengurus Osis harus menjadi pioner dalam mewujudkan Madrasah BERSINAR (Bersih Narkoba) dan pemahaman tentang wawasan kebangsaan yang diisi oleh Koramil Baron” imbuhnya.

Dalam menjalankan amanahnya sebagai pengurus OSIS, perlu adanya progam kerja yang sidah direncanakan diawak, karenanya melalui kegiatan LDKS, pengurus dituntut untuk membuat progam kerja selama satu periode.

“sebagai pijakan dalam menjalankan tanggungjawabnya sebagai pengurus OSIS, perlu disusun progam kerja pengurus OSIS selama satu periode, ya nanti anak-anak bisa mengevaluasi kinerja dari kepengurusan OSIS yang sebelumnya, yang jelas progam kerja yang direncakan saat LDKS sesuai visi misi Madrasah dan OSIS itu sendiri” tandas Zamzuri.

contoh jadwal LDKS (Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa):

JADWAL LDKS

Admin MAHIDA
Admin MAHIDA
Articles: 39

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *