Tahapan Pembuatan KIR (Karya Ilmiah Remaja) di MA Al Hidayah Nganjuk

Presentasi Hasil Karya Tulis Imiah

MAPK Al Hidayah Nganjuk membekali para peserta didiknya agar dapat melakukan satu kegiatan yang melatih sikap, pola pikir, dan tanggung jawab pada apa yang mereka lakukan. Satu kegiatan yang dianggap tepat yakni kegiatan yang membekali para peserta didiknya dengan kemampuan ilmiah yang dikemas dalam bentuk pembuatan Karya Ilmiah Remaja biasa disingkat dengan KIR.

Dalam kegiatan ini peserta didik diharapkan menjadi pribadi ilmiah yang sekaligus religius, dimana kesan tersebut akan muncul manakala para peserta didik tersebut mampu berpikir secara ilmiah, bersikap ilmiah, serta berkarya ilmiah dan tetap pada pola religi ke-Islamannya.

Oleh karenanya peserta dituntut dan dituntun untuk merumuskan suatu masalah sederhana, dengan pola pikir keremajaannya mereka berusaha mencermati, mengidentifikasi, maupun menguji coba masalah tersebut sehingga mereka mendapatkan jawaban dan dapat menarik suatu kesimpulan dari masalah sederhana itu pula.

Bodybuilding #1 Destination at Muscular Development how to take dianabol bodybuilding steroids in kolkata, bodybuilding steroids malaysia – pomona lawn bowling club

Kegiatan yang merupakan kegiatan rutin dilaksanakan tiap tahun, ketika peserta didik menduduki kelas XI, sampai saat ini pelaksanaannya bisa berjalan dengan maksimal karena peserta didik selalu tepat waktu dalam penyelesaian penyusunan karya ilmiahnya. Pada tahun pelajaran 2021/2022 ini pelaksanan kegiatan KIR diikuti oleh 113 siswa yang terbagi menjadi 21 kelompok dilaksanakan selama 1 bulan pada bulan Oktober – November 2021.

Kegiatan obeservasi dan wawancara di cafe fameliza

Berikut tahap-tahap kegiatan pembuatan Karya Ilmiah Remaja di MA Al Hdayah:

1. Pembekalan pembuatan KIR

Pada tahap awal ini peserta didik dibekali cara membuat KIR yang baik dan benar sesuai dengan panduan pembuatan KIR, sehingga nantinya tulisan yang dihasilkan berisi ide kreatif  yang disusun secara komprehensi berdasarkan data, dianalisis dan diakhiri dengan kesimpulan yang relevan. pelaksanaan pembakalan dilaksanakan selama satu hari.

2. Bimbingan

Dalam waktu satu bulan mereka bisa melakukan bimbingan secara maksimal yang didampingi oleh bapak atau ibu guru yang ditunjuk sebagai pembimbing dan dalam jangka waktu itu pula peserta didik dapat melaksanakan observasi, wawancara dan kemudian menyusun laporan/karya ilmiah dengan mengangkat beberapa permasalahan sosial di sekitar mereka.

3. Persentasi hasil Karya Ilmiah Remaha (KIR)

Karya Ilmiah Remaja (KIR) yang sudah disusun secara sistematis oleh peserta didikdan sudah mendapatkan persetujuan dari pembimbing, selanjutnya para peserta didik dilatih untuk mempertanggungjawabkan hasil identifikasi atau uji coba mereka dengan jalan mempresentasikannya dihadapan peserta didik lain, pembimbing, dan penguji. Tentu dalam pelaksanaan presentasi, kepada para peserta didik yang presentasi akan ada sesi tanya jawab, dimana nantinya akan ada pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh para penguji dan peserta didik harus mampu memberikan jawaban secara ilmiah berdasarkan karya yang ditulisnya.

4. Tahap Revisi

Berdasarkan hasil presentasi, yang mana masih terdapat beberapa revisi dari pembimbing dan penguji, mereka berusaha bersikap bijak untuk menyempurnakan hasil identifikasi maupun hasil uji cobanya. Peserta didik memperbaiki ide dalam karangan karya tulis ilmiah yang berfokus pada penambahan, pengurangan, penghilangan, penataan isi sesuai dengan hasil presentasi, sehingga akan didapatkan satu bentuk laporan karya ilmiah yang lebih sistematis.

5. Pengesahan

Pengesahan adalah tahapan suatu karya tulis yang menunjukan legalitas dokumen. Apabila pengerjaan revisi sudah selesai dan sudah disetujui oleh pembimbing dan penguji, maka nantiya akan disahkan dengan bukti.

Sumber : Fidhoh

Editor : Zam

Admin MAHIDA
Admin MAHIDA
Articles: 35

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *