Perkemahan Pelantikan BAN-LAK oleh Pramuka MA Al Hidayah Sebagai Wadah Penanaman Nilai-nilai Kepramukaan

Pasca kegitan Sigalang ke 10 yang merupakan progam tahunan oleh gerakan pramuka MA Al Hidayah, kamis lalu gerakan pramuka MA Al Hidayah berhasil menggelar kegiatan perkemahan pelantikan bantara dan laksanakan yang juga merupakan progam tahunan gerakan pramuka MA Al Hidayah, kegiatan yang diikuti oleh 250 peserta ini berhasil dilaksanakan selama tiga hari pada tanggal 03 Maret 2022 sampai dengan tanggal 05 Maret 2022 di lingkungan MA Al Hidayah  (05/03/2022).

Dalam pelaksanaannya sangga kerja (red:panitia) kegiatan perkemahan pelantikan bantara dan laksana mewajibkan seluruh peserta didik kelas 10 dan kelas 11 untuk mengikuti perhelatan kegiatan yang diadakan setahun sekali ini, karenanya jumlah pesertanya pun cukup banyak

“kemah pelantikan penegak bantara dan laksana ini memang menjadi agenda tahunan Dewan Kerja Ambalan Pramuka Satria MA AL-HIDAYAH (PRASMADA), tak ayal peserta yang menyertai acara ini selalu banyak. Acara tersebut diikuti oleh Siswa kelas 10 dan 10 yang bejumlah lebih dari 250 anak” ungkap Nofika Dwi Setiayawan selaku ketua sangga kerja.

Nofika mengungkapkan alasan diwajibkannya mengikuti kegiatan ini, tentu adanya tujuan yang ingin dicapai.

“terselenggaranya acara tersebut bertujuan untuk memupuk karakter unggul, menekankan kedisiplinan, juga menumbuhkan loyalitas kepada madrasah. Dewan Kerja Ambalan PRASMADA Gudep 13.079-13.080 adalah organisasi Ekstrakurikuler yang mempunyai wewenang dalam menjalankan agenda tersebut” ungkap pembian lulusan KMD di UIN Tulungagung

Sementara itu, Zamzuri selaku ketua pembina gerakan pramuka MA Al Hidayah menuturkan keikusertaan pada kegiatan pelantikan bantara dan laksana ini sebagai wadah untuk mendidik dan melatih peserta dalam menerapkan nilai-nilai kepramukaan.

“keikutsertaan organisasi pramuka memang tidak wajib, akan tetapi penanaman nilai-nilai pramuka ini yang diwajibkan, karenya melalui perkemahan ini dapat dijadikan salah satu upaya untuk dapat menanamkan nilai-nilai kepramukaan, terutama yang terkandung pada kode kehormatan pramuka yakni tri satya dan dasa dharma” tuturnya  

Berdasarkan pantuan reporter tim media mahida, kegiatan perkemahan yang dibuka oleh ketua kwartir ranting Baron, kebanyakan dari peserta nampak antusias mengikuti agenda-agenda yang dikonsep oleh sangga kerja.

Ketua pembina menjelaskan, kegiatan yang didalamnya terdapat penempuhan badge SAKO Ma’arif  NU dirancang sesuai dengan metode kepramukaan. Pada setiap agenda dilaksanakan diluar ruangan atau dialam bebas dan dikemas dengan kegiatan yang menyenangkan, serta menggunakan metode belajar sambil melakukan.

“karena kegiatan ini diadakan oleh wadah pramuka, tentu pada setiap agendanya kami berpatokan pada metode kepramukaan” tandasnya.

Tim Media Mahida

Admin MAHIDA
Admin MAHIDA
Articles: 35

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *